• Global community
    • Language:
      • Deutsch
      • English
      • Español
      • Français
      • Português
  • 日本語コミュニティ
    Dedicated community for Japanese speakers
  • 한국 커뮤니티
    Dedicated community for Korean speakers
Exit
4

Asal Usul Danau Rana Mese Legenda mengatakan bahwa suatu hari, sang istri yang tidak tahan lagi ting

Community Beginner ,
Apr 01, 2024 Apr 01, 2024

Copy link to clipboard

Copied

Asal Usul Danau Rana Mese

Legenda mengatakan bahwa suatu hari, sang istri yang tidak tahan lagi tinggal di rumah mereka yang runtuh meminta suaminya, Kae Anu, untuk menebang pohon di hutan untuk digunakan sebagai balok untuk rumah baru mereka. Atas desakan istrinya, Kiong Molas Liho, Kae Anu berangkat ke hutan yang dipenuhi pohon pinus sambil membawa bekal untuk seminggu. Meninggalkan kampung halamannya di kawasan Teber, ia mulai menyiapkan balok-balok rumah mereka.

Sesampainya di hutan, Kae Anu mulai menebang beberapa pohon pinus untuk tiang rumah mereka. Namun, setelah beberapa saat menebang pohon, ia dikejutkan oleh seekor tikus hutan kecil yang berlari dengan diam-diam melalui dahan yang telah ia tebang.

Tak lama kemudian, Kae Anu dikejutkan dengan beberapa tupai yang datang mengendus-endus di sekitar tempat persembunyian tikus kecil tersebut. Awalnya mengabaikan tikus dan tupai, Kae Anu terus menebang pohon untuk balok rumah istrinya.

Namun tak lama kemudian, Kae Anu didekati oleh beberapa orang yang mencari anjingnya yang hilang sedang mengejar babi hutan di hutan. “Apakah kamu melihat anjing dan babi hutan lewat di sekitar sini?” salah satu dari mereka bertanya.

Setelah ditemui oleh orang-orang yang mencari anjing mereka, Kae Anu bertekad. Dia menjawab, “Maaf, saya tidak melihat anjing atau babi hutan tadi.”

Para pencari pun melanjutkan pencarian mereka, meninggalkan Kae Anu kembali ke kapal. Namun, kali ini ada ketenangan yang aneh di hutan saat Kae Anu melanjutkan menebang pohon. Suasana hutan menjadi semakin sunyi, makanya waspada. Tiba-tiba, dari balik semak-semak, muncullah sesosokmakhluk besar berbulu hitam: babi hutan yang kejar mereka. Kae Anu terkesiap dan berusaha tetap diam agar babi hutan tak menyadarinya.

Dengan perlahan, babi hutan itu berlalu tanpa rasa curiga. Kae Anu merasa lega namun juga takut akan kejadian tadi. Ia segera melanjutkan pekerjaannya, kali ini dengan hati-hati dan penuh kewaspadaan. Proses menebang pohon pun berlanjut, namun kali ini dengan kehadiran yang lebih waspada terhadap keberadaan makhluk hutan di sekitarnya.

Kae Anu terus bekerja keras menebang pohon untuk balok rumah mereka, tetapi kehadiran makhluk-makhluk hutan membuatnya waspada setiap saat. Saat matahari mulai tenggelam dan hutan mulai gelap, Kae Anu memutuskan untuk istirahat sejenak sebelum kembali ke kampung.

Saat duduk di bawah pohon yang baru dia tebang, Kae Anu memikirkan kejadian hari itu. Dia menyadari betapa rapuhnya hubungan manusia dengan alam, dan betapa pentingnya menjaga keseimbangan antara keduanya. Dalam keheningan malam, Kae Anu mendengarkan suara hutan yang seolah memberikan petunjuk.

Pagi berikutnya, Kae Anu kembali ke hutan untuk melanjutkan. Namun, kali ini dia memutuskan untuk lebih bijaksana dalam memilih pohon yang akan dia tebang. Setelah beberapa hari bekerja dengan penuh kehati-hatian, Kae Anu berhasil mengumpulkan cukup balok untuk membangun rumah baru bagi keluarganya.

Ketika rumah baru mereka selesai dibangun, Kae Anu dan istrinya merayakan keberhasilan mereka dengan penuh kegembiraan. Mereka merasa bersyukur atas segala petualangan dan tantangan yang mereka hadapi selama proses pembangunan rumah. Akhirnya, danau indah di dekat rumah mereka diberi nama Danau Rana Mese, sebagai simbol keberanian dan ketekunan mereka dalam menghadapi cobaan alam.

 

 

Idea No status
TOPICS
Audio and video

Views

110

Translate

Translate

Report

Report
Community guidelines
Be kind and respectful, give credit to the original source of content, and search for duplicates before posting. Learn more
community guidelines
2 Comments
Community Beginner ,
Apr 01, 2024 Apr 01, 2024

Copy link to clipboard

Copied

Buat dalam video

Votes

Translate

Translate

Report

Report
Community Expert ,
Apr 02, 2024 Apr 02, 2024

Copy link to clipboard

Copied

LATEST

This is not the place to enter text prompts. Go to Adobe Firefly website to do so.

Jill C., Forum Volunteer

Votes

Translate

Translate

Report

Report